10 Tips Membedakan Kemasan Food Grade dan Non-Food Grade
Spread the love

10 Tips Membedakan Kemasan Food Grade dan Non-Food Grade – Dalam dunia modern yang dipenuhi dengan berbagai produk makanan dan minuman yang dikemas, penting bagi konsumen untuk memahami perbedaan antara kemasan yang aman untuk makanan (food grade) dan kemasan yang tidak aman (non-food grade).

Penggunaan kemasan yang tidak sesuai dapat mengakibatkan kontaminasi makanan dan bahaya kesehatan lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh tips yang dapat membantu Anda membedakan kemasan food grade dan non-food grade agar Anda dapat membuat pilihan yang tepat saat membeli produk makanan dan minuman.

 

kemasan food grade dan non food grade

1.Periksa Label dan Sertifikasi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa label kemasan untuk melihat apakah ada tulisan “food grade” atau “safe for food contact”. Kemasan yang memenuhi standar food grade biasanya akan memiliki label atau sertifikasi yang menunjukkan bahwa mereka aman untuk kontak langsung dengan makanan.

2.Bahan yang Digunakan

Kemasan food grade umumnya terbuat dari bahan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam kontak dengan makanan, seperti plastik polietilen tinggi densitas (HDPE), polipropilena (PP), polietilena tereftalat (PET), atau logam seperti aluminium atau timah. Sementara itu, kemasan non-food grade mungkin terbuat dari bahan yang tidak cocok untuk kontak langsung dengan makanan, seperti bahan kimia berbahaya atau bahan beracun.

3.Warna dan Aroma

Kemasan non-food grade seringkali memiliki aroma atau bau yang tidak sedap, dan kadang-kadang dapat menimbulkan perubahan warna pada makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Sebaliknya, kemasan food grade biasanya tidak memiliki aroma yang mencolok dan tidak akan bereaksi dengan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya.

4.Tahan Panas dan Kimia

Kemasan food grade umumnya dirancang untuk tahan terhadap panas dan bahan kimia tertentu yang mungkin terdapat dalam makanan atau minuman. Mereka juga biasanya tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti bisphenol A (BPA) atau ftalat.

5.Periksa Nomor Kode Plastik

Jika Anda membeli produk yang dikemas dalam plastik, periksa nomor kode plastik pada kemasan. Nomor kode plastik #1 (PET) dan #2 (HDPE) umumnya dianggap sebagai bahan food grade yang aman, sementara nomor kode plastik lainnya mungkin tidak cocok untuk kontak langsung dengan makanan.

6.Uji Kebocoran

Salah satu cara sederhana untuk menguji apakah kemasan food grade atau non-food grade adalah dengan mengisi kemasan dengan air dan memeriksa apakah ada kebocoran atau retakan. Kemasan food grade biasanya dirancang untuk tahan terhadap kebocoran dan tidak akan menimbulkan risiko kontaminasi.

7.Perhatikan Kehalusan dan Kekuatan

Kemasan food grade umumnya memiliki kehalusan dan kekuatan yang lebih baik daripada kemasan non-food grade. Mereka dirancang untuk menahan tekanan dan perlakuan fisik lainnya tanpa mengalami kerusakan atau kebocoran.

8.Baca Petunjuk Penggunaan

Jika Anda ragu tentang apakah kemasan aman untuk digunakan dengan makanan atau minuman, baca petunjuk penggunaan atau instruksi yang tertera pada kemasan. Produsen biasanya akan mencantumkan informasi tentang apakah kemasan tersebut aman untuk kontak langsung dengan makanan.

9.Periksa Kondisi Fisik

Periksa kondisi fisik kemasan secara keseluruhan. Kemasan food grade biasanya memiliki tampilan yang bersih dan tidak cacat, sementara kemasan non-food grade mungkin tampak kusam, rusak, atau bahkan terdapat retakan atau pecahan.

10.Konsultasikan dengan Ahli

Jika Anda masih merasa ragu atau tidak yakin apakah kemasan aman untuk digunakan dengan makanan atau minuman, konsultasikan dengan ahli atau pakar di bidang tersebut. Mereka dapat memberikan informasi dan saran yang lebih terperinci berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka.

Demikian tadi 10 Tips Membedakan Kemasan Food Grade dan Non-Food Grade. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat lebih mudah membedakan antara kemasan food grade dan non-food grade, sehingga Anda dapat memastikan keselamatan dan kualitas makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Ingatlah bahwa memilih kemasan yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda serta keluarga Anda. Baca juga pastikan 13 hal ini wajib ada di kemasan produk Anda. Contoh kemasan yang food grade Mg Paper.

By admin

error: Content is protected !!