daftar nomor telepon darurat terupdate
Spread the love

Daftar Nomor Telepon Darurat Terupdate – Nomor Telefon Darurat adalah nomor telepon yang disediakan oleh pemerintah atau lembaga kesehatan untuk situasi darurat seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, tindak kriminal, atau masalah kesehatan yang memerlukan pertolongan segera.

Nomor telepon darurat Indonesia, yaitu 112, mirip dengan nomor 911 di Amerika Serikat. Nomor ini biasanya dapat dihubungi kapan saja, 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.

Menurut Permenkominfo Nomor 10 Tahun 2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat, nomor 112 ini digunakan untuk menangani keadaan darurat seperti kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, masalah kesehatan, gangguan keamanan, dan keadaan darurat lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah dan/atau pemerintah daerah.

Jangan lupa untuk menghafal nomor darurat yang berlaku di wilayah Anda, karena dapat sangat membantu dalam situasi darurat yang memerlukan bantuan segera.

Nomor Darurat diciptakan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam situasi darurat. Nomor darurat ini hanya terdiri dari tiga digit, sehingga mudah diingat.

Pemerintah Indonesia meluncurkan Program Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 pada tahun 2015, bersama dengan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Layanan nomor darurat 112 sudah tersedia di 126 kabupaten dan kota di Indonesia. Untuk mengetahui daftar kabupaten dan kota yang telah memiliki layanan ini, Anda bisa mengunjungi laman Portal Layanan Panggilan Darurat 112.

Jadi, jika Anda membutuhkan pertolongan medis dalam keadaan darurat, Anda dapat menelepon nomor darurat 112.

Namun, jika wilayah tempat tinggal Anda belum tercakupi layanan ini, Anda tetap dapat menelepon nomor darurat ambulance, polisi, atau layanan lainnya secara terpisah.

Daftar Nomor Darurat:

Ambulans (118 atau 119) untuk Provinsi DKI Jakarta (021-65303118)
Pemadam kebakaran = 113
Polisi = 110
SAR/BASARNAS = 115
Posko bencana alam = 129
Posko Kewaspadaan Nasional = 122
Informasi dan perbaikan kerusakan dan gangguan listrik = 123
Hotline Covid-19 = 119
Palang Merah Indonesia atau PMI = (021) 7992325
Sentra Informasi Keracunan BPOM (1500-533)
Panggilan Darurat (112)

Nomor penting lain yang perlu dicatat

Selain kontak darurat seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa nomor telepon penting lainnya seperti berikut ini.

  1. Komnas HAM (021-3925230)
    Saat mengalami pelecehan, diskriminasi, atau penyiksaan yang menimbulkan rasa sakit, serta pengambilan hak-hak asasi manusia lainnya, Anda bisa melaporkannya ke Komnas HAM.
    Sebagai langkah awal, Anda bisa mengadukan kasus kekerasan ke nomor 021-3925230. Lalu, Anda akan diberikan arahan mengenai hal yang harus dilakukan selanjutnya.
  2. Komnas Perempuan (021-3903963)
    Jika Anda seorang perempuan yang mengalami kekerasan, seperti kekerasan seksual ataupun kekerasan dalam rumah tangga, Anda wajib melaporkan tindakan tersebut.
    Komisi Nasional Perempuan menjadi wadah bagi para perempuan Indonesia untuk mendapatkan pendampingan atas konflik-konflik yang menyudutkan hak asasinya.
  3. KPAI (021-31901556)
    Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menjadi wadah untuk mengadukan dan melindungi anak-anak yang mengalami kekerasan, ketidakadilan, dan diabaikan.

KPAI berusaha memperjuangkan hak-hak anak yang terambil dan melindungi anak-anak demi membangun generasi yang baik.

Namun, perlu diingat daftar Nomor Telepon Darurat Terupdate diharapkan dapat digunakan secara efisien dan efektif dan jangan dibuat untuk mainan, iseng dll. Hal ini akan dilakukan sanksi terhadap penggunaan yang tidak sesuai peruntukannya. Baca juga daftar nomor telepon penting kabupaten bekasi.

By admin

error: Content is protected !!