Lakban dan Kegunaannya dalam Hidup Kita Sehari-hari
Spread the love

Lakban dan Kegunaannya dalam Hidup Kita Sehari-hari – Pasti Sobat sudah akrab dengan lakban bening, lakban segel, lakban coklat, lakban printing, lakban kertas, dan banyak lagi jenis lakban lainnya. Lakban adalah benda yang bisa kita temukan di industri logistic dan packing barang.

lakban opp tape

Dalam kehidupan kita sehari-hari, benda ini kita temukan di rumah, sekolah, atau tempat kerja. Lakban berfungsi untuk menyatukan (lakban packaging), memperbaiki, dan bahkan digunakan sebagai dekorasi tambahan untuk berbagai seni dan kerajinan. Selain menjadi perekat, kekuatan dan serbaguna lakban membuatnya menjadi pilihan praktis.

Asal usul lakban dimulai dengan kandungan resin polietilen di salah satu sisinya dan perekat yang sangat lengket berbahan dasar karet di sisi bawahnya. Awalnya, lakban dirancang untuk menjaga kelembaban kotak amunisi pada masa Perang Dunia II.

Namun, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya produksinya, lakban digunakan untuk berbagai fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam pekerjaan perbaikan rumah, sebagai pengganti sekrup atau paku, atau dalam perawatan mobil.

Lakban juga populer di berbagai bidang profesional seperti kontraktor di industri konstruksi, digunakan untuk menutup celah, melakukan perbaikan kecil, melindungi permukaan dari abrasi, dan lain sebagainya.

Kelebihan lakban yang tahan robek dan menempel pada berbagai permukaan membuatnya diminati hampir semua orang untuk berbagai kepentingan, seperti alternatif tambalan untuk peralatan yang rusak.

Apa yang membuat lakban begitu kuat? Lakban, yang dikenal juga dengan nama Duck Tape dalam bahasa Inggris, memiliki tiga lapisan. Lapisan bawahnya adalah perekat berbahan dasar karet yang kuat, diikuti oleh lapisan tengah berupa jaring kain untuk menambah daya tahan.

Lapisan terluarnya terbuat dari plastik yang lembut dan tahan air. Meskipun kuat, lakban dapat dengan mudah ditarik menggunakan tangan, sehingga sangat berguna dalam perbaikan karena seseorang dapat dengan cepat dan mudah menggunakannya tanpa bantuan orang lain.

Kegunaan lakban sangatlah beragam setelah Perang Dunia II, termasuk dalam penyegelan, penambalan lubang, pengemasan kotak, dan perbaikan alat atau bahan yang rusak.

Selain itu, ada beberapa aplikasi menarik lainnya, seperti:

1. Perbaikan rumah – Lakban membantu mencegah kaca jendela pecah agar tidak terlepas saat diganti.
2. Pengawet makanan – Lakban dapat digunakan untuk menyegel kembali bungkusan atau kaleng makanan.
3. Kegunaan darurat – Lakban dapat digunakan untuk membuat gendongan, membalut luka, atau memperban pergelangan kaki yang terkilir.

Terdapat berbagai jenis lakban yang berbeda sesuai dengan keinginan pengguna, seperti lakban bening atau opp tape, lakban coklat, lakban biru, lakban merah, lakban hijau, lakban kuning, lakban putih, lakban jingga, lakban segel, dan lakban printing. Lakban juga tersedia dalam berbagai lebar, mulai dari 12mm hingga 90mm, dan bisa dicetak dengan logo perusahaan hingga 4 warna.

Lakban adalah alat multifungsi yang digunakan dalam berbagai macam tujuan karena kekuatannya yang tahan air dan lentur. Jika Anda membutuhkan perekat yang kuat, kokoh, dan lengket, gunakanlah lakban.

Palletplastik.id menyediakan brand lakban Tape yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di pasar. Lakban kami terbuat dari kombinasi BOPP film yang dilapisi dengan acrylic water-based, cocok untuk berbagai aplikasi pengemasan. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai pilihan warna, fungsi, dan ukuran lakban, serta bisa mencetak logo perusahaan Anda.

Demikian tadi Lakban dan Kegunaannya dalam Hidup Kita Sehari-hari, apabila ingin tahu lebih banyak mengenai produk ini segear kunjungi lakban OPP tape. Baca juga 7 produk packaging yang digunakan industri logistik.

By admin

error: Content is protected !!