Mengenal Material Handling | Contoh dan Manfaatnya di Perusahaan
Spread the love

Portalkawasanindustri.com – Mengenal Material Handling | Contoh dan Manfaatnya. Material handling adalah alat yang digunakan dalam proses pengangkutan, pemindahan, dan penyimpanan bahan, barang, atau produk dalam suatu sistem logistik.

Alat ini merupakan bagian penting dari kegiatan pergudangan dan berperan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Material handling digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain dalam perusahaan, seperti dari gudang ke pabrik, dari pabrik ke gudang penyimpanan, atau dari gudang penyimpanan ke lokasi pengiriman.

Secara keseluruhan, material handling memainkan peran penting dalam memastikan bahwa operasi perusahaan berjalan dengan lancar dan efisien.

Berikut adalah beberapa contoh material handling yang sering digunakan dalam perusahaan:

1. Hand truck: Hand truck adalah alat yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.
2. Hoist: Hoist adalah alat angkat yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.
3. Forklift: Forklift adalah alat angkat yang digunakan untuk memindahkan barang dalam gudang atau pabrik.
4. Pallet jack: Pallet jack adalah alat yang digunakan untuk memindahkan pallet dari satu tempat ke tempat lain.
5. Kran: Kran adalah alat angkat yang digunakan untuk memindahkan barang dalam gudang atau pabrik.

Ini hanya beberapa contoh material handling yang sering digunakan dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda dan pemilihan alat material handling yang tepat akan tergantung pada jenis produk yang dikelola dan skala operasi perusahaan.

Manfaat Material Handling

Manfaat material handling dalam pergudangan sangat banyak, diantaranya:

  1. Meningkatkan efisiensi: Material handling membantu dalam mempercepat proses pengangkutan, pemindahan, dan penyimpanan barang, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas pergudangan.
  2. Meningkatkan keamanan: Material handling menggunakan alat bantu seperti pallet, conveyor, dan gudang rak, yang membantu dalam memastikan keamanan dan integritas barang selama proses pemindahan.
  3. Mempermudah pemantauan: Material handling memungkinkan untuk melacak dan memantau barang secara efisien, membantu dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang mungkin muncul selama proses.
  4. Mereduksi kerusakan barang: Material handling membantu dalam mencegah kerusakan barang selama proses pemindahan, sehingga meningkatkan nilai barang dan meminimalkan biaya kerusakan.
  5. Meningkatkan fleksibilitas: Material handling memungkinkan pergudangan untuk membuat perubahan dan adaptasi terhadap perubahan permintaan, sehingga memastikan bahwa barang selalu tersedia dan siap untuk dikirim ke pelanggan.
  6. Meningkatkan kualitas layanan: Material handling membantu dalam memastikan bahwa barang tersedia dan siap untuk dikirim ke pelanggan, sehingga meningkatkan kualitas layanan dan memastikan kepuasan pelanggan.
  7. Mengontrol biaya: Material handling dapat membantu mengontrol biaya operasi perusahaan dengan meminimalkan kerugian dan mempercepat proses produksi, sehingga mengurangi biaya pemeliharaan dan biaya operasi.

Dengan demikian, material handling sangat penting bagi pergudangan dan memainkan peran kunci dalam meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas dalam industry. Dalam pelaksanaan di lapangan material handling ini kadang digudung beberapa perlengkapan seperti contohnya pallet plastik.

By admin

error: Content is protected !!