daftar perusahaan china
Spread the love

7 Daftar Perusahaan China di Indonesia dari Elektronik hingga Tambang. Ke-7 perusahaan China di Indonesia ini tentu sudah mengantongi izin dari pemerintah, mencakup Kementerian Perhubungan dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

China dianggap sebagai negara industri terbesar di dunia dan menghadirkan banyak produk berkualitas tinggi mulai dari perangkat elektronik, furnitur, peralatan kantor hingga peralatan industri, yang semuanya berlabel Made in China.

Nama Perusahaan China di Indonesia

Perusahaan-perusahaan raksasa asal Negeri Tirai Bambu itu biasanya bergerak di bidang konstruksi, infrastruktur, dan migas. Deretan perusahaan China di Indonesia nyatanya cukup banyak dan sangat menarik perhatian.

China merupakan salah satu negara yang mendominasi pasar dunia. Di Indonesia sendiri, produk China semakin meningkat dan sangat digemari masyarakat Indonesia.

Selain China memasarkan produknya ke Indonesia, terungkap bahwa China juga mendirikan beberapa perusahaan di Indonesia. Ada beberapa perusahaan di China yang didirikan sebagai kantor pusat yang berlokasi di berbagai wilayah Indonesia.

Berikut ulasannya:

1. PT. Xiaomi Communications Indonesia

iaomi adalah perusahaan elektronik swasta asal China yang berkantor pusat di Beijing. Di Indonesia sendiri, PT. Xiaomi Communications Indonesia telah merambah ke beberapa wilayah di Indonesia. Xiaomi diketahui sebagai produk pintar yang laris di pasar Indonesia. Selain smartphone, Xiaomi juga memproduksi banyak produk elektronik lainnya seperti speaker, televisi, mixer, dan lainnya.

2. PT Tencent Indonesia

Perusahaan China yang terkenal adalah Tencent. Tencent adalah penerbit game terbesar di dunia. Salah satu game Tencent yang paling populer adalah PUBG. Di Indonesia, Tencent berkantor pusat di Jakarta. Grup Tionghoa ini memiliki bisnis di industri hiburan, termasuk game, kartun, e-commerce, media sosial, dan televisi. Nama Tencent sudah dikenal di beberapa negara, termasuk Indonesia.

3. PT China Communications Construction Indonesia (CCCI)

PT China Communications Construction Indonesia (CCCI) adalah perusahaan investasi, desain, konstruksi dan infrastruktur. Perusahaan ini mewakili China Communications Construction Company (CCCC) Limited, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Rakyat China (RRC).

Sejak didirikan pada tahun 2008, perusahaan CCCC telah berkembang menjadi salah satu perusahaan infrastruktur terbesar di dunia dengan 210 kantor di seluruh dunia dan beroperasi di 140 negara termasuk Indonesia.

4. Zhejiang Huayou Cobalt Co (ZHC)

ZHC bekerja sama dengan pembuat mobil listrik EVE Energy dalam proyek nikel dan kobalt senilai USD2,08 miliar atau Rp30 triliun di Indonesia.

Perusahaan juga merencanakan USD210 juta untuk membeli saham pembuat bahan baterai China Tianjin B&M Science and Technology Co (B&M) karena berinvestasi dalam rantai pasokan baterai yang dapat diisi ulang. Tambang tersebut akan berlokasi di Teluk Weda di Pulau Halmahera.

5. PetroChina

PetroChina adalah perusahaan minyak dan gas yang berbasis di Kabupaten Jabung, Provinsi Jambi. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan China National Petroleum Corporation (CNPC) yang merupakan perusahaan minyak dan gas terbesar di Asia. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Distrik Dongcheng, Beijing. Operasi Indonesia membutuhkan dana investasi lebih dari Rp81 triliun di Jambi saja.

6. China National Offshore Oil Corporation (CNOOC)

China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) adalah perusahaan produksi dan eksplorasi energi, meliputi minyak serta gas. Berawal dari perairan lepas di China, kini CNOOC sudah beroperasi di 40 negara di seluruh dunia, mencakup Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah, dan Eropa.

Masih seputar energi, perusahaan ini juga bergerak di bidang penyulingan, pemasaran ritel, pembangkit listrik, dan rekayasa. Salah satu proyek terbesarnya di Indonesia adalah Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh, memiliki tiga kilang di lapangan gas lepas pantai dan pabrik pengolahan LNG di darat. CNOOC telah diberikan persetujuan rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) di Lapangan MBF, Wilayah Kerja Madura Strait yang akan dioperasikan oleh Husky – CNOOC Madura Limited (HCML).

7. China State Construction Engineering Corporation (CSCEC)

China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) adalah perusahaan investasi dan pengembangan, mencakup real estate, pembiayaan, serta operasi konstruksi. Termasuk juga ke dalam perusahaan rekayasa konstruksi, meliputi perumahan, infrastruktur, survei, dan desain.

Disingkat CSCEC atau China State Construction, sudah tersebar di 100 negara di seluruh dunia, sejak tahun 1982. Sebagai perusahaan raksasa, CSCEC telah membangun hampir 90% gedung pencakar langit yang memiliki tinggi lebih dari 300 meter di China.

Tak hanya itu, CSCEC juga terlibat dalam pembangunan bandara utama, pangkalan peluncuran satelit, terowongan perkotaan, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan ratusan juta rumah yang ada di China. China State Construction juga turut beroperasi di Indonesia, tepatnya di Tangerang, Banten. CSCEC telah terlibat dalam puluhan proyek infrastruktur, meliputi perumahaan, darmaga, dan lainnya di wilayah Indonesia.

Demikian tadi 7 Daftar Perusahaan China di Indonesia dari Elektronik hingga Tambang. Semoga bermanfaat. Yang mencari info daftar nomor telepon bekasi bisa cek di daftar lengkap nomor telepon penting di bekasi.

By admin

error: Content is protected !!